Mikha Angelo, seorang penyanyi berusia 23 tahun kebangsaan Indonesia yang menjadi salah satu personil di grup band The Overtunes. Tanggal 28 Agustus 2020, Mikha menghadirkan album debut sebagai musisi solo yang bertajuk ‘Amateur’. Kata ‘Amateur’ ini mempunyai makna tersendiri bagi Mikha, yaitu mempunyai definisi tentang seseorang yang benar-benar menikmati untuk melakukan suatu hal, bukan karena tujuan yang lain. Lewat album ini juga, Mikha memposisikan dirinya sebagai seorang amatir yang tidak cepat puas dengan yang didapatkannya. Album ini menjadi harapan Mikha untuk melakukan peningkatan di dalam setiap karya yang Ia ciptakan selanjutnya.

Lagu di dalam album ‘Amateur’ menggunakan lirik bahasa Inggris, tujuannya untuk karya-karya yang lirik, aransemen, dan juga instrument yang di ciptakan sendiri oleh Mikha bisa dinikmati hingga Internasional. Ia selalu berusaha jujur dalam menciptakan karya–karya nya, melalui lirik dan tema yang diambil dari pengalaman pribadinya sejak berusia 20 tahun. Lagu Middle Ground, menceritakan permasalahan yang pernah terjadi dengan Ibunda Mikha. Lagu Too and More, berisi perasaan Mikha ketika lagi jatuh cinta. Lagu Human, merupakan lagu observasi Mikha ketika menjadi finalis X Factor Indonesia di musim pertama kepada manusia. Mikha Angelo juga pernah merilis single berjudul Fairytale, yaitu sebuah lagu yang dimana liriknya menceritakan tentang orang yang suka membandingkan diri sendiri dengan orang lain. Dari empat lagu itu, terlihat kalau Mikha tidak hanya membuat lagu untuk dinikmati oleh pendengarnya tetapi juga memberikan pembelajaran atau motivasi untuk pendengarnya lewat apa yang terjadi kepada dirinya.

‘Amateur’ yang merupakan album baru Mikha Angelo ini, meriliskan semua lagu yang ada di album ‘Amateur’ dalam format serial video lirik animasi. Video lirik dikemas dalam bentuk animasi, karena Ia ingin pendengarnya puas dengan sisi lain ‘Amateur’ secara visual. Di dalam album ini terdapat delapan buah lagu, yaitu Amateur, Human, Shot, Run, Middle Ground, Stay A While, Too and More, dan Fairytale. Dari delapan lagu tersebut, memiliki makna dan kisah dibaliknya yang berhubungan satu sama lain dari setiap lagu. Rangkaian video lirik dari album ini sengaja dirilis tidak berurutan, tujuannya supaya pendengar bisa menikmati dan melihat video lirik tersebut sebagai rangkaian cerita yang layak untuk selalu di ikuti sampai akhir.

 

Article by : Rahma Maulida