Bagi kebanyakan generasi Z, pasti sudah tidak asing lagi mendengar nama grup musik yang sempat terkenal pada tahun 2015-an ini. Mereka adalah Fifth Harmony, grup penyanyi wanita yang sebelumnya beranggotakan Ally Brooke, Normani Kordei, Dinah Jane, Lauren Jauregui, dan juga Camila Cabello. Mereka dipertemukan dalam sebuah ajang pencarian bakat yaitu The X Factor Amerika pada tahun 2012 silam yang dibentuk oleh salah seorang juri sekaligus produser terkenal yaitu Simon Cowell. 

Insting yang dimiliki oleh Simon Cowell memang tidak perlu diragukan lagi kebenarannya. Hal itu dibuktikan dengan Fifth Harmony menjadi grup penyanyi wanita yang paling dikenal pada zaman itu. Mereka berhasil menjual sebanyak 28 ribu kopi album debutnya pada minggu pertama perilisan dan menduduki peringkat keenam di Billboard 200. Karier bermusik Fifth Harmony terus mengalami peningkatan hingga mereka berhasil mencapai puncak kejayaannya. Karya musik mereka didengarkan hampir di seluruh penjuru dunia. Lagu mereka yang berjudul ‘Worth It’ berhasil meraih sertifikat triple platinum dan juga album ‘Reflection’ yang mendapatkan sertifikat Gold serta sertifikat Platinum dari Recording Industry Association of America. 

Namun ternyata, kilauan prestasi yang mereka raih secara bersama-sama hanya berhenti sampai disana saja. Hal ini dimulai dengan keluarnya salah satu personilnya pada tahun 2016, yaitu Camila Cabello yang memilih untuk fokus merintis karier solo di dunia musik. Keempat anggota lainnya, sempat melanjutkan karier mereka melalui Fifth Harmony sebagai kuartet. Tapi sayangnya pada tanggal 20 Maret 2018, Fifth Harmony mengumumkan kabar bahwa mereka akan hiatus atau ‘bubar sementara’ dengan alasan masing-masing anggota ingin fokus pada karier solonya. Sebelum momen vakum tiba, Fifth Harmony mempersembahkan suguhan manis untuk para penggemarnya yaitu berupa video klip dari lagu ‘Don’t Say You Love Me’. Perihal vakum pun disampaikan melalui akun media sosial mereka dengan menuliskan berbagai ungkapan yang menyentuh.  Hingga saat ini, belum ada pertanda pasti dari Fifth Harmony yang akan kembali berkarya bersama di dalam dunia musik. Apapun keputusan yang mereka ambil, tentunya kita doakan saja yang terbaik untuk mereka. Selain itu, meskipun Fifth Harmony sudah tidak nampak lagi keberadaannya, tapi tentunya karya-karya mereka akan selalu melekat di hati Harmonizers. Terima kasih sudah pernah hadir dalam hidup kami, Fifth Harmony!

Penulis : Vania Putri Salsabila