Musisi R&B asal California, Amerika Serikat, Gabriella Wilson atau yang kerap kita sapa H.E.R mengawali awal karirnya pada usia 12 tahun dalam acara “Today Show” dengan membawakan lagu ‘If Ain’t Got You’ milik Alicia Keys. Penampilan H.E.R dalam acara televisi milik NBC ini mengundang perhatian banyak masyarakat, sehingga ia kembali tampil di sejumlah acara televisi seperti “The Maury Povich Show”, “Good Morning America” dan “The View”. Pada umur 14 tahun, H.E.R bergabung dengan label musik Sony Entertainment dan merilis lagu debut pertamanya yang berjudul “Something to Prove” dan setelah perilisan lagu debutnya ini, H.E.R memutuskan untuk hiatus sementara waktu.

Setelah beristirahat sejenak, H.E.R kembali mendobrak industri musik di tahun 2016 dengan meluncurkan mini album bertajuk ‘HER Vol.1’ dan mendapatkan dukungan dari sejumlah musisi dan selebriti seperti Usher, Rihanna, Alicia Keys, Kylie Jenner dan Kendall Jenner. Berkat dukungan tersebut, mini album ‘Something to Prove’ berhasil didengarkan lebih dari 20 juta kali di Spotify. Tak berhenti sampai disitu, H.E.R kembali melahirkan berbagai karya yang mengagumkan seperti mini album bertajuk ‘H.E.R Vol. 2’ pada tahun 2017, album ‘I Used To Know Her’ pada tahun 2019, dan banyak lagu-lagu lainnya yang berhasil menduduki anak tangga lagu dunia.

Kerja keras H.E.R dalam dunia musik R&B berhasil terbayarkan dengan sejumlah prestasi yang ia dapatkan dalam ajang penghargaan musik dunia. Pada tahun 2017, H.E.R berhasil menjadi salah satu ‘5 Alternative R&B To Look Out For in 2017’ dari Forbes. H.E.R juga memenangkan ‘Best R&B Performance’ dan ‘Best R&B Album’ pada penghargaan musik bergengsi Grammy. Selain itu, pelantun ‘Best Part’ ini juga berhasil meraih penghargaan ‘Best Original Song’ lewat lagu ‘Fight For You’ pada ajang Piala Oscar pada 25 April 2021 lalu. “Pengetahuan adalah kekuatan, musik juga kekuatan, dan saya akan selalu berjuang untuk orang-orang disekitar saya, berjuang untuk sesuatu yang benar. Jadi, saya pikir itulah yang dilakukan oleh musik dan film,” ujar H.E.R yang dilansir dari Prambors FM.

Penulis : Jeremia Liyadi