Afgansyah Reza atau yang dikenal sebagai Afgan merupakan seorang penyanyi pria berbakat asal Indonesia. Selain itu, Afgan juga sukses berkarir di dunia musik nasional, yang dimana ia telah memperoleh banyak penghargaan nasional, menjadi brand ambassador sejumlah produk, dan juga mendapat peran di sejumlah film.

Kali ini ia merilis sebuah album bertajuk “Wallflower” yang digarap bersama EMPIRE, label besar dari Amerika Serikat. EMPIRE adalah label yang menghasilkan banyak penyanyi R&B dan hip hop di Amerika Serikat seperti Iggy Azalea & Snoop Dogg. Album “Wallflower” rilis pada tanggal 9 April 2021 dengan berisikan total sepuluh lagu. Dua diantaranya sudah Afgan rilis sebagai lagu barunya, yakni “Say I’m Sorry” dan “M.I.A” yang berkolaborasi dengan Jackson Wang.

 

“Wallflower” menjadi album keenam Afgan. Ini adalah album yang unik, karena pria berusia 31 tahun itu menunjukkan kemampuannya bernyanyi lagu pop RnB berbahasa Inggris di setiap lagu. Lagu-lagu dalam album “Wallflower” itu bercerita tentang kisah cinta, hubungan antar manusia, pencarian jati diri dan perjuangan Afgan terkait kondisi kesehatan mentalnya.

“Jika kita bahagia dan berdamai dengan diri kita sendiri, semuanya akan lebih baik. Aku berharap “Wallflower” adalah sesuatu yang dapat dikaitkan dengan orang lain secara pribadi dan juga dapat membuat mereka merasa nyaman dengan diri mereka sendiri” ungkap Afgan.

Penulis : Annisa Permatasari