Di era modern, hidup sehat adalah suatu kewajiban. Baik dari usia dewasa hingga muda sudah sadar akan pentingnya hidup sehat. Banyak yang memulai melalui pola makan sehat dan olahraga ringan. Saat ini olahraga sudah menjadi bagian dari gaya hidup, banyak kalangan muda yang mengikuti berbagai jenis olahraga yang sedang menjadi tren saat ini contohnya lari, muay Thai, boxing, zumba, yoga dan pilates.

Beberapa kalangan muda jaman sekarang memilih olahraga yoga dan pilates. Olahraga tersebut dipilih karena ringan dan praktis, hanya menggunakan tubuh sebagai titik utama.Kedua olahraga ini bertujuan untuk melatih fleksibelitas, kordinasi, postur tubuh dan penanggulangan stress.

Meski pun kedua olahraga ini sama – sama dilakukan di matras, namun sebenarnya ada perbedaan yang sangat jelas antara yoga dan pilates, yaitu dilihat dari gerakan dan tekniknya.

Yoga berfokus pada energi dari dalam tubuh dan menggunakan metode peregangan dan kelenturan otot-otot bagian tubuh. Londoners yang ingin membentuk postur atau menguruskan badan, pilates lebih cocok karena gerakan – gerakannya berfungsi untuk menguatkan dan membentuk otot.

yoga-1-300x300

yzik_6-300x300

Yoga sendiri mempunyai 5 prinsip dasar yaitu Asanas (pergerakan), Pranayama (pernapasan), Saucha (diet), Dhyana (pikiran positifdan meditasi), Savasana (relaksaksi). Sedangkan pilates memiliki 6 prinsip dasar yaitu Centering, Concentration, Control, Precision, Breath, dan Flow.

Tetapi sebelum kamu berolahraga,sebaiknya pilihlah olaraga yang sesuai dengan kebutuhan tubuh dan perhatikan kemampuanmu juga, jangan hanya mengikuti tren.