Di tengah persaingan industri air minum isi ulang yang semakin ketat, Air Minum BIRU berhasil menciptakan kesan yang baik dan menyenangkan bagi pelanggan mereka. Merek ini tidak hanya dikenal karena kualitas airnya yang jernih dengan harga yang terjangkaunya saja, tetapi Air Minum BIRU juga dapat membangun hubungan emosional dengan para pelanggan mereka melalui pelayanannya. Lewat program loyalti mereka, BIRU menjadikan konsumen bukan hanya sekadar pembeli, melainkan mitra dalam perjalanan bisnis merek air minum ini.
Tentunya, apa yang Air Minum BIRU berhasil raih pada hari ini tidak terjadi dalam semalam. Sejak berdiri pada tahun 2002 di Surabaya, BIRU hadir dengan visi yang jelas, yakni menyediakan air minum berkualitas dengan harga terjangkau bagi semua lapisan masyarakat. Namun, seiring berkembangnya pasar, tantangan terbesar bukan hanya soal menjaga kualitas air, tetapi bagaimana menjaga konsumen Air Minum Biru agar tetap setia. Di sinilah strategi loyalitas memainkan peran penting untuk tetap mempertahankan hubungan dengan para konsumen, yakni dengan menciptakan keterikatan emosional lewat setiap pembelian.
Di masa perekonomian sekarang, tentunya memperoleh air dengan kualitas yang baik seringkali ditemukan dengan harga yang cukup merogoh kantong. Namun lain halnya dengan apa yang berhasil dilakukan Air Minum BIRU, yakni dengan harga yang bersahabat juga menjadi alasan banyak konsumen bertahan dengan BIRU. Dengan harga rata-rata saat melakukan pengisian ulang yang bahkan tidak menyentuh Rp 10.000 per galon, BIRU menawarkan keseimbangan antara mutu dan nilai ekonomi. Bagi masyarakat, baik di tengah kota maupun pinggiran kota, pilihan ini terasa masuk akal, apalagi di tengah naiknya biaya hidup. Di sini, BIRU juga membuktikan kepada merek lainnya bahwa loyalitas tidak hanya dibangun melalui promosi besar-besaran saja, melainkan lewat pengertian yang diberikan BIRU terhadap para konsumennya.
Tentunya di samping nilai tambah dari BIRU mengenai harga yang sangat terjangkau, strategi BIRU tidak berhenti di situ. Melalui sistem waralaba, BIRU menghadirkan banyak sekali cabang di berbagai wilayah di Indonesia. BIRU bagaikan memahami bahwa setiap cabang yang mereka bangun tentunya dengan tujuan mendekatkan layanan kepada masyarakat, memahami bahwa masyarakat perlu dipermudah dalam mengakses air minum yang berkualitas.

Sumber dari Dokumentasi Pribadi LXPR
Bahkan, saat dilakukan wawancara singkat kepada salah satu pelanggan Air Minum Biru, yakni Ibu Ana yang menjadi pelanggan tetap di salah satu cabang yang berada di Kota Bekasi, dirinya mengatakan kalau program loyalti BIRU ini menjadi alasan dirinya berlangganan. “Setiap kali beli galon di sana (BIRU), saya bisa dapet poin yang bisa dituker buat dapetin hadiah, walaupun sederhana ya tetep seneng sih, kak.”, pungkasnya (10/10/2025).
Tentunya, apa yang dinyatakan Ibu Ana dapat membuktikan bahwa BIRU dapat membangun hubungan jangka panjang dengan pelanggan. Konsumen tidak hanya datang untuk membeli air, tetapi juga merasa adanya keterikatan emosional dengan apa yang Air Minum BIRU tawarkan. Kombinasi yang tepat antara kualitas yang bagus, harga yang sangat terjangkau, pelayanan setelah pembelian, dan hal lainnya yang dinilai baik oleh pelanggan inilah yang akhirnya membentuk loyalitas jangka panjang.
Meskipun sudah dapat terbilang sukses membangun hubungan dan kesan yang baik, tentunya tantangan Air Minum BIRU saat ini adalah bagaimana mempertahankan loyalitas tersebut di tengah perubahan perilaku konsumen dan maraknya merek-merek baru di sektor yang sama. Berjalannya waktu, apabila memungkinkan Air Minum Biru diharapkan dapat terus melakukan inovasi pelayanan yang dapat merawat hubungan dengan para pelanggannya, seperti salah satunya pelayanan antar jemput galon air mineral.
Di balik itu semua, pada akhirnya kisah kesuksesan Air Minum BIRU membangun loyalitas dengan para konsumennya menunjukkan bahwa sebuah merek memang harus dibangun dengan perasaan mengerti, mengerti apa yang diinginkan dan dibutuhkan oleh para konsumennya. Seperti apa yang sudah dilakukan oleh Air Minum BIRU, program loyalti mereka bukan sekadar strategi pemasaran belaka, melainkan wujud nyata komitmen untuk hadir dan berpartisipasi langsung di tengah kehidupan konsumen Air Minum BIRU.
Artikel ditulis oleh Alivia Ichsania Yuanani