Alexa adalah grup musik asal Indonesia beraliran power pop. Pada awalnya grup musik ini terdiri dari 5 orang. Selepas melewati perjalanan selama 5 tahun, Alexa banyak melalui perubahan formasi. Grup musik yang bernaung dibawah perusahaan rekaman bernama Seven.


Music ini berdiri pada tahun 2008 dan aktif sampai saat ini. Pada tahun 2011 di acara musik salah satu stasiun televisi swasta, Rizki mengumumkan akan keluar dari band Alexa karena ia ingin melanjutkan studinya di Australia. Grup musik ini pun merilis single Selagi Ku Mampu dari album Edisi II untuk menandakan hengkangnya Rizki dari Alexa.

Pada Oktober 2012, Alexa memutuskan untuk tidak menggunakan pemain bass mereka, Jones. Hal ini disebabkan oleh keputusan Jones untuk meninggalkan Alexa pada bulan September. Maka di akhir tahun 2012 mereka resmi menjadi sebuah trio yang beranggotakan Aqi Singgih, Nur Satriatama, dan Fajar Arifan.

Mengawali tahun 2015, mereka bekerja keras untuk menggarap album ketiga. Alexa pun merilis album ketiga yang berjudul “Dulu, Kemarin, Sekarang.” Album tersebut memuat 9 lagu, dengan lagu Pulang, Satu yang Terpenting (yang juga menjadi alat kampanye mereka bersama asuransi Allianz), dan Bulan. Lagu Bulan juga menjadi lagu balada yang mereka rilis ke pasar, setelah Dewi yang diambil dari album pertama.