Lahir di Johannesburg, Afrika Selatan, Troye Sivan yang memiliki nama terakhir Mellet, merupakan anak kandung dari pasangan Laurelle dan Shaun Mellet. Banyak yang tidak mengetahui bahwa penyanyi satu ini memulai karirnya di Youtube lalu merambat ke dunia perfilman dan pada akhirnya menjadi penyanyi yang kita semua kenal saat ini.

Pada tahun 2007, ia memulai karirnya sebagai bintang utama di suatu teater musikal berjudul Oliver! Lalu ia juga berperan di film pendek dari Australia yang berjudul Betrand the Terrible. Kemudian di tahun 2008, Ia berhasil mendapatkan peran di film X-Men Origins : Wolverine sebagai James Howlett Muda, namun sayangnya ia tidak dapat melanjutkan proses syuting film ini dikarenakan bertabrakan dengan filmnya yang lain, yaitu The Road. Untungnya pada tahun 2009, Ia berhasil mengikuti audisi untuk peran utama dalam Spud, film yang diadaptasi dari novel karya John Van De Ruit.

 
Beralih ke dunia Youtube. Pada tahun 2012, Troye Sivan mulai mengunggah blog video berisi kesehariannya di YouTube, setelah terakhir mengunggah video menyanyinya pada tahun 2007. Saat mengunggah vlog pertamanya, Sivan telah mengumpulkan 27.000 pengikut dalam lima tahun sejak bergabung dengan YouTube pada 1 Oktober 2007. Seiring berkembangnya kepopuleran Troye Sivan, channelnya sekarang sudah memiliki lebih dari 4 juta pengikut dan lebih dari 243 juta total penayangan di video YouTube-nya.