Jakarta, 23 Februari 2024 – XANDEGA, bassis Polka Wars dan salah satu pendiri Studiorama dan Swanky Express, melanjutkan lagu solo debutnya, “DA DAWG WITHIN” yang dirilis november lalu, dengan anthem yang upbeat untuk para penggemar kucing yaitu “IZ DA LUV (SUNSHINE)”.

 

Lagu ini terinspirasi oleh nyanyian nina-bobok yang diimprovisasi oleh istri XANDEGA untuk kucing mereka sewaktu masih kecil dan baru saja diadopsi, lalu nyanyian tersebut direkam, di-sample, & dibuat menjadi lagu ini oleh Xandega Tahajuansya. Lagu ini menjelajahi perspektif kucing dan juga perspektif pemiliknya, merayakan suka duka ikatan cinta mereka meskipun waktu akan memisahkan mereka pada akhirnya.

 

Lagu ini terinspirasi oleh kombinasi aransemen dansa berwarna-warni ala The Avalanches, genre jungle yang anthemic ala Nia Archives, dan album perdana Melly Goeslaw, terutama dari lagu “Ingin Sendiri Dulu”. 

Di tengah lanskap musik yang dipenuhi lagu-lagu cinta antar manusia, XANDEGA bertujuan untuk menyatukan para pecinta binatang peliharaan dengan anthem ini, menjangkau komunitas kucing online yang sangat besar seperti yang tertera pada artikel Bloomberg “The Magazine Trying to Bring the Web’s Cat Obsession Offline” yang mengatakan bahwa hampir 15 persen dari semua lalu lintas Web itu konten kucing. Harapannya, XANDEGA bisa memainkan “IZ DA LUV (SUNSHINE)” di pesta-pesta, maupun gigs musik seiring XANDEGA mempersiapkan single-single berikutnya yang akan rilis di kuartal kedua 2024 mendatang.

 

XANDEGA berbagi kredit penulisan lagu dengan istrinya, Dewi Kharisma Putri, dan berbagi kredit produser lagu bersama Mamoy yang dikenalkan oleh band White Chorus di mana ia menjadi mixer & mastering engineer dari album debut mereka ‘Limbo’. Lagu ini menampilkan vokal bantuan dari Emir AM & Clara Friska Adinda dari White Chorus, dan Will Mara, penyanyi, penulis lagu dan produser yang memproduksi beberapa lagu terkenal dari Nadin Amizah dan Gangga dan juga salah satu anggota band Ricecooker dengan aktor Jerome Kurnia. Lagu ini disertai dengan video lirik yang menampilkan kenangan berharga XANDEGA, istrinya, dan kucing mereka QP, yang dibuat oleh filmmaker/musisi Individual Distortion.

 

TENTANG XANDEGA TAHAJUANSYA

Xandega adalah pemain bass dan salah satu dari 3 anggota inti Polka Wars yang dikenal setelah memenangkan kompetisi Converse Rubber Tracks pada tahun 2014, dimana mereka memenangkan hadiah untuk merekam single mereka yang berjudul “Rangkum” di New York City. Lagu tersebut dipilih sebagai lagu terbaik tahun 2017 oleh Rolling Stone Indonesia dan setahun setelahnya mereka terpilih menjadi salah satu Rolling Stone Indonesia’s Young Guns, bersamaan dengan rilisnya album perdana mereka ‘Axis Mundi’ yang mendapat sertifikasi emas di Indonesia.

 

Xandega juga salah satu pendiri dari Studiorama yang merupakan kolektif musik dan juga promotor / booking agent musik lokal dan internasional yang berbasis di Jakarta. Studiorama telah mendatangkan musisi seperti FKJ, Men I Trust, Mac Demarco, Japanese Breakfast, King Gizzard and The Lizard Wizard, dan masih banyak lagi. Studiorama juga berhasil menjalankan 2 musik festival yaitu Ornaments Festival dan juga Archipelago Festival bersama Sounds From The Corner.

 

Xandega juga seorang DJ dan salah satu pendiri dari Swanky Express, pesta bulanan dengan genre yang variatif dan tempo yang sangat cepat. Swanky Express berusia 1 tahun desember kemarin setelah menyelenggarakan 15 pesta di Jakarta dan Bali. Terdiri dari 4 DJ lokal dan juga beberapa multimedia artis dengan visi dan energi yang sama, Swanky Express menyajikan DJ dan musisi dari luar kota maupun luar negri tiap bulannya.