Sejak awal 2024, laman For You Page para pengguna aplikasi TikTok kini tengah diramaikan oleh lagu “End of Beginning” yang dinyanyikan oleh Djo. Djo alias penyanyi, penulis lagu, dan aktor Joe Keery yang dikenal sebagai pemeran Steve Harrington di serial Stranger Things. End of Beginning merupakan salah satu trek dari album keduanya berjudul “DECIDE” yang dirilis pada 2022 silam. Lagu tersebut kini viral setelah banyak digunakan dalam konten berisikan potongan video maupun foto yang disertai kutipan lirik dan melodi chorus yang membuat hati sayu.

 

And when I’m back in Chicago, I feel it

Another version of me, I was in it

I wave goodbye to the end of beginning 

 

Gubahan lirik tersebut menggambarkan kisah hidup Keery, di mana Ia tengah berpindah ke fase kehidupan baru, namun seketika teringat akan perjuangan dan kenangan masa lalu di kota lamanya, Chicago. Dalam wawancaranya bersama Rolling Stone UK, Keery mengatakan, “secara spesifik, orang dapat melihat diri mereka sendiri dalam lagu ini. Orang-orang menggantikan (pengalaman saya) dengan versi dalam kehidupan mereka sendiri.” Dalam tren ini, para pengguna aplikasi video tersebut mentransformasi kata “Chicago” menjadi sebuah metafora akan sebuah “tempat” yang membekas dalam dirinya.

Kata “Chicago” kini diganti dengan nama kota, nama negara, era, tahun, hingga nama seseorang. Nama-nama tersebut merupakan sebuah “tempat” yang berkesan dalam hidup mereka di masa lalu. Salah satu kata paling populer digunakan adalah “Jakarta”. Bagi segenap orang, Jakarta adalah tempat yang selalu terkenang akan perjuangan hidup dan mengingatkan akan versi terbaik diri mereka ketika berada disana. Berkat tren ini, popularitas lagu ini meroket hingga berhasil memuncak pada posisi keempat pada Top 100 UK Singles Charts.

 

Artikel oleh Rafa Shabira

Disunting oleh Alivia Ichsania