Penyanyi dengan dua penghargaan AMI Monica Karina kembali melangkah pasti  ke tengah lantai dansa dengan single terbarunya yang bertajuk “Pon It”. Sebuah selebrasi bagi identitas  diri dan kedewasaan yang matang, “Pon It” mencatat kali pertama bagi Monica untuk merilis trek yang  dibawakannya sendiri tanpa kehadiran kolaborator.  

Ditulisnya bersama dengan rekan lama Greybox (Rizky Argadipraja) dan SAILORMONEY (Nadya Syarifa  Mirandhany), “Pon It” tercetus dari proses kreatif organik antara para kolaborator, bersama-sama  menggarap trek di studio sambil mendengarkan musik afro, afrohouse, dan afropop yang sedikit banyak  mempengaruhi karakter lagu. Dari awal kelahirannya pada tahun 2022 hingga iterasi terakhirnya, karya  terbaru Monica ini lahir sebagai manifestasi dari keteguhan dan keyakinan akan identitas dirinya setelah  sempat mengambil waktu untuk break dan menjelajahi dirinya lebih dalam untuk beberapa saat. Berlatar  pada pengalamannya dengan rasa percaya diri, Monica berharap lagu ini menularkan semangat  pemberdayaan diri bagi siapapun yang mendengarkannya. “Tentunya aku ingin lagu ini jadi anthem bagi  pendengar untuk menari dan merasa lepas — especially for girls to bussdown to!” 

Sebelumnya, Monica dikenal dengan sederet karyanya bersama nama-nama besar lainnya di kancah  musik dance tanah air seperti Kara Chenoa, Rahmania Astrini, Greybox, dan Ezra Kunze, mencapai  gebrakan dengan kolaborasinya bersama Dipha Barus “Money Honey (Count Me In)” pada tahun 2018  dan merilis single perdananya Skin to Skindi tahun yang sama. Di tahun tersebut, Monica memborong  5 nominasi AMI Awards dan membawa pulang 2 diantaranya untuk kategori Best of the Best Production  Work dan Best Electronic Production Work. 

Saat ini, Monica menggunakan sebagian besar waktunya untuk mempersiapkan album perdananya yang  akan datang, setelah sukses mengumpulkan begitu banyak demo yang diciptakannya selama rehat sejenak  dari muka publik. Sambil menunggu kehadiran album tersebut, penggemar lagu-lagu Monica dapat  menantikan sejumlah karya musisi-musisi berbakat lainnya featuring Monica yang akan segera hadir  dalam waktu dekat.